Friday, November 16, 2012

perbandingan baja dan beton

perbandingan baja dan beton

tentang perbandingan baja dan beton yang telah sedikit diuraikan pada artikel khusus membahas tentang perbandingan material baja dan beton kemudian ada koreksi atau tambahan sebagai berikut:

Riaditya
1. Beton berkekuatan tinggi…
Kekuatan tinggi yang bagaimana? Coba bayangkan berapa kekuatan maksimal dari beton ? Paling besar hanya sekitar 100 MPa. Itu pun hanya kuat tekan, kalau kuat geser dan tarik pada beton perlu dibutuhkan perkuatan atau yang lebih sering kita dengar beton bertulang. Coba bandingkan dengan baja, BJ37 misalnya fy = 240 MPa dan fu = 370 MPa jelas lebih kuat baja.
2. Mudah dibentuk..
Tergantung bentuk strukturnya, kalau dibuat seperti bentuk yang cukup rumit beton pun tidak gampang dibentuk butuh bekisting yang rumit juga.
3.Lebih murah dari baja..
Belum tentu murah, coba bandingkan aspek pelaksanaan dan waktu. Pelaksanaan baja jauh lebih mudah daripada beton sehingga biaya pun dapat dikurangi, ditambah dengan waktu pelaksanaan yang begitu cepat bisa mengurangi pengeluaran rutin lainnya. Beton memang murah materialnya daripada baja, tapi pelaksanaannya belum tentu. Terbukti dari banyaknya gedung pencakar langit dan jembatan panjang di dunia yang lebih memilih menggunakan baja, bayangkan jika struktur besar seperti itu menggunakan beton pasti lebih mahal biayanya.
4. Berat..
Bisa dikatakan berat jika dibandingkan dengan berat jenisnya. Dosen saya mengatakan seperti ini, “Kapas 1 kg dan besi 1 kg lebih berat yang mana?”, jelas keduanya sama beratnya tapi volumenya lebih banyak kapas karena berat jenis kapas jauh lebih kecil dari berat jenis besi. Sama halnya beton atw baja, BJ beton 2400 kg/m3 dan BJ baja 7850 kg/m3 terlihat lebih berat baja bukan?
Maka definisi berat disini berat yang mana?
engineer
menanggapi komentar diatas:
memang baja memiliki kekuatan mekanis yang lebih tinggi dari beton.. namun bukan berarti beton memiliki kekuatan yang lemah.. ya kan? memang apa yang ditulis disini masih rancu..
semua bahan bangunan pun kalo memang strukturnya terlewat sulit ya buatnya sulit juga mas.
ya lebih murah, maksud murah disini kan bahan bakunya..kenapa dikaitkan dengan ongkos lain2nya??
pertanyaan untuk penulis:
1. mengapa anda mengatakan beton kekuatannya tinggi tetapi tidak mencantumkan nilainya?atau minimal pembandingnya? lalu kekuatan apa? kekuatan mekanis? atau kekuatan terhadap korosifitas? jika kekuatan mekanis di bagian mananya? yield strength? tensile strength??
yang saya sayangkan adalah disini tidak ada nilai2nya hanya seperti sebuah opini tak berdasar, pembandingnya pun tidak ada.. kuat ya hanya kuat saja, tidak ada nilai dan pembanding..
temperatur tinggi ya hanya tinggi tapi tidak memberi tahu berapa derajat celcius atau berapa kelvin..
padahal dari websitenya saja bertuliskan ilmu sipil, sedangkan kita tau bahwa sipil itu adalah engineering..dimana engineer itu mengutamakan data yang memiliki kuantitas..

No comments:

Post a Comment